Memanipulasi Objek Pada CorelDRAW

Memanipulasi objek pada CorelDRAW


Memanipulasi objek, yah dengan memanipulasi objek kita dapat merubah bentuk awal sebuah objek kebentuk yang lainnya. Apakah dengan mengubah bentuk objek satu akan memengaruhi objek yang lain? Jawabannya tentu tidak, kelebihan dari konsep objek adalah, sebuah objek tidak terkait dengan bidang gambarnya ataupun objek yang lainnya, sehingga setiap objek dapat dimanipulasi secara bebas tanpa mempengaruhi yang lain.
1. Select (Memilih)
Gunakan Pick Tool yang berada di toolbox, lalu klik pada objek yang kalian inginkan. Jika kalian ingin memilih lebih dari satu objek, klik dan tahan kursor lalu gerakkan atau geser menuju area objek yang diinginkan atau kalian juga bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard caranya klik objek satu lalu tekan dan tahan tombol ‘Shift’ sambil melakukan klik keobjek yang lainnya.

2. Move (Memindah) 
Pilih objek yang akan dipindahkan, kemudilan klik dan tahan sambil menggeser objek ke area yang kalian inginkan, jika kalian ingin memindahkan beberapa objek sekaligus, lakukan select objek seperti cara diatas lalu pastikan kursor mouse berada di posisi salah satu objek yang kalian pilih, kemudian lakukan klik dan drag sambil menggeser objek tersebut.


Memanipulasi Objek Pada CorelDRAW 

3. Resize (Memperbesar/Memperkecil)
Klik pada objek yang kalian pilih, maka objek akan dikelilingi kotak bewarna hitam di sudut dan di sisi objek. Posisikan kursor di salah satu kotak hitam tersebut lalu klik dan tahan mouse sambil menariknya untuk merubah ukuran objek. Jika kalian menginginkan objek membesar dan mengecil pada porosnya, lakukan cara sebelumnya namun dengan tambahan menekan tombol ‘Shift’ pada keyboard sebelum kalian menggerakkan mouse. Cara lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan ukuran persen yang ada di Property Bar. Ukuran persen ini berlaku untuk panjang dan lebar objek. Caranya ketik angka persentase pada kolom yang disediakan lalu tekan ‘Enter’ pada keyboard.

Memanipulasi Objek Pada CorelDRAW

4. Rotate (Memutar)
Klik pada objek yang kalian pilih, kemudian klik sekali lagi di objek tersebut maka mode rotate akan aktif ditandai dengan kotak hitam yang mengeliligi objek berubah menjadi arah panah untuk rotate. Klik pada panah tersebut untuk memutar objek. Jika kalian menginginkan objek berputar sesai porosnya yang baru, pindahkan porosnya dengan cara klik dan tahan icon poros bebentuk lingkaran di tengah objek lalu geser kearah yang kalian inginkan. Cara lain untuk merotate objek adalah dengan menggunakan fungsi yang ada di property bar, dengan fungsi rotate CCW (Counter Clockwise – Melawan arah jarum jam). Caranya dengan mengetikkan anggak pada kolom yang disediakan lalu tekan ‘Ente’ pada keyboard. Setelah selesai merotate klik sekali lagi pada objek untuk kembali ke mode resize.

Memanipulasi Objek Pada CorelDRAW

5. Delete (Menghapus)
Klik objek yang ingin kalian hapus, lalu tekan ‘Delete’ pada keyboard.

Memanipulasi Objek Pada CorelDRAW
Gambar Property Bar saat kalian memilih objek.

Mengapa objek dapat dimanipulasi dengan mudah ya Gaes??
Ditarik, dibalik, diputar, dan sepertinya mudah sekali??


Ini penjelasanya, objek yang kalian lihat di layar sebenarnya disimpan sebagai informasi komponen grafis saja, misal informasi tentang koordinat titik, warna, garis, dan rumus penyusunan objek tersebut. Apa yang kalian lihat adalah hasil dari rendering secara matematis dari semua komponen grafis objek tersebut. Jadi dengan demikian manipulasi akan langsung diterapkan secara matematis kepada komponen informasi yang dimanipulasi, contohnya letak sebuah titik, dan secara otomatis komponen lain akan menyesuaikan. Ukuran dan posisi objek tidak akan mempengaruhi besarnya informasi yang disimpan, tetapi banyaknya objek yang disimpan.

Nah udah ngerti kan Gaes? Hahaha... Ok akhirnya selesai juga penjelasan tentang memanipulasi objek pada CorelDRAW, mudah-mudahan artikel ini membuat kalian semakin semangat dan semakin ingin belajar lebih dalam lagi penggunaan apliaksi CorelDRAW.

Sekian dan terimakasih ya Gaes.
SemangART !!!
 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
11 Desember 2019 pukul 22.44 ×

Terimakasih atas infonya silahkan mengunjungi
https://ppns.ac.id/

Congrats bro bayuppns.wordpress.com you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
loading...